PENGARUH FASILITAS BELAJAR PRAKTIKUM DAN MOTIVASI BELAJAR KEJURUAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN CHASIS SISWA KELAS XI TKRO SMKN RAWAJITU TIMUR

Authors

  • Hedi Kiswoyo SMK Negeri Rawajitu Timur
  • Tri Lestari STIES Darul Huda Mesuji
  • Suroto STIES Darul Huda Mesuji

Keywords:

fasilitas belajar, motivasi belajar, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh Fasilitas Belajar Praktikum terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Chasis, (2) untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar Kejuruan terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Chasis dan (3) untuk mengetahui pengaruh Fasilitas Belajar Praktikum dan Motivasi Belajar Kejuruan.  Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) ada pengaruh positif Fasilitas Belajar Praktikum terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Chasis, (2) ada pengaruh positif Motivasi Belajar Kejuruan terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Chasis dan (3) ada pengaruh positif Fasilitas Belajar Praktikum dan Motivasi Belajar Kejuruan secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Chasis Siswa kelas XI SMKN Rawajitu Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMKN Rawajitu Timur sejumlah 107 x 72% = 77 siswa. Sampel penelitian berdasarkan Nomogram Harry King, diambil 77 siswa dan 30 siswa untuk uji coba instrumen. Penelitian ini temasuk  penelitian Expost Facto, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan sistem acak (Random Sampling). Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel, yaitu pengaruh Fasilitas Belajar Praktikum dan Motivasi Belajar Kejuruan sebagai variabel bebas serta Prestasi Belajar Mata Pelajaran Chasis sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data Prestasi Belajar Mata Pelajaran Chasis dan teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data Fasilitas Belajar Praktikum dan Motivasi Belajar Kejuruan. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen, maka instrumen diujicobakan terlebih dahulu. Dalam menganalisis data penelitian digunakan teknik regresi ganda dua prediktor dan korelasi parsial. Hasil analisis korelasi parsial diperoleh (1) pengaruh yang positif dan signifikan Fasilitas Belajar Praktikum terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Chasis, (2) pengaruh yang positif dan signifikan Motivasi Belajar Kejuruan terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Chasis dan (3) pengaruh yang positif dan signifikan Fasilitas Belajar Praktikum dan Motivasi Belajar Kejuruan secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Chasis Siswa kelas XI SMKN Rawajitu Timur Kesimpulan dalam penelitian ini adalah semakin tinggi Fasilitas Belajar Praktikum dan Motivasi Belajar Kejuruan, maka semakin tinggi  pula Prestasi Belajar Mata Pelajaran Chasis. Demikian pula sebaliknya, semakin rendah Fasilitas Belajar Praktikum dan Motivasi Belajar Kejuruan, akan semakin rendah pula Prestasi Belajar Mata Pelajaran Chasis

References

Bloom, 1994, Taxonomy of Educational Objective Book: (1) Kognitif Domain Book, (2) Affektive, (3) Domain, London: Longman Group Ltd.

Depdiknas, 2003, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional, Jakarta: BP. Dharma Bhakti

Fathurahman Surya, 1992, Psykologi Pendidikan, Bandung: Tarsito

Fudyartanta RBS, 1995, Psykologi Umum, Yogyakarta: Andy Offset

Jujun S Susiasumantri, 1995, Psikologi Pendidikan, Bandung: Alfabeta

KBBI, 1999, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Nana Syaodih, 2003, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nasution, 1998, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bina Aksara

Neong Muhajir, 1995, Psikologi Pendidikan, Jakarta:PT. Bina Ilmu

Omar Hamalik, 1998, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan, Bandung: Ganesha

Purwadarminta,1999. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Rumini, 1998, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Liberty

Sinduredja, 1999, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UST

Siti Partini, 1994, Bimbingan dan Penyuluhan, Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono, 2002, Statistik Untuk Penelitian, Bandung: Alfa Beta

Supriyoko, 1990, Link and Match dalam Konsep Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia, Yogyakarta: UST

Sudjana, 1999, Metode Statistika, Bandung: Tarsito

Suharsimi Arikunta, 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sumadi Suryabrata, 1998. Psikologi Pendidikan, Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM.

Supriyoko, 1995, Link and Match dalam Konsep Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia, Yogyakarta: UST.

Sutrisno Hadi, 1999. Metodologi Research I, II, III, Yogyakarta : Andi Offset.

Slamet Widodo, 1998, Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Bina Aksara

Tri Raharja, 1989, Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT. Gramedia

Winkel W.S, 1996, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta : PT. Gramedia.

Witherington NC, 1995, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Aksara Baru

Yuda Mulyadi, 1992, Pengantar Pendidikan, Surabaya : Usaha Nasional

Downloads

Published

03-06-2023

How to Cite

Kiswoyo, H., Lestari, T., & Suroto. (2023). PENGARUH FASILITAS BELAJAR PRAKTIKUM DAN MOTIVASI BELAJAR KEJURUAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN CHASIS SISWA KELAS XI TKRO SMKN RAWAJITU TIMUR . Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 3(1), 68–76. Retrieved from https://ejurnal.stitdaris.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/45

Issue

Section

Artikel