Metode Keteladanan Dan Nasehat Baik

(Q.S. Luqman: 13-19 dan Q.S. An-Nahl: 125)

Authors

  • Rizki Saputra Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Keywords:

Metode, Keteladanan, Nasehat Baik

Abstract

Metode menjadi komponen penting dalam pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan. Dimasa dewasa ini banyak sekali metode serta pendekatan yang diterapkan dan digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Ketiga ranah yang telah terumuskan menjadi fokusan penting seorang pendidik untuk membentuk jiwa peserta didik. Maka dari itu ha lapa saja yang berasal dari pendidik perlu diperhatikan sebab peserta didik menganggap gurunya sebagai contoh teladan mereka. Sehingga penting bagi pendidik mengetahui metode pendidikan yang baik dan tepat. Adanya latar belakang tersebut, rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apa saja metode pendidikan yang terkandung dalam Q.S. an Nahl 125 dan Q.S. Luqman 13-19 serta bagaimana tafsiran para mufasir mengenai metode tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui metode pendidikan Islam dalam perspektif al Qur'an kajian Q.S. an Nahl 125 dan Q.S. Luqman 13-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pure library research yaitu penelitian dari beberapa sumber terkait, penulis mengkaji kitab-kitab tafsir dengan metode tahlili yaitu menguraikan atau menganalisa, menafsirkan ayat-ayat Quran dengan memaparkan. Langkah-langkah dari metode dan segala aspek yang terkandung di dalam ayat-ayat yang ditafsirkan serta menerangkan makna-makna yang tercakup di dalamnya sesuai dengan keahlian dan kecendrungan mufasir yang menafsirkan ayat-ayat tersebut. Sehingga hasil penlitian ini dapat penulis simpulkan terdapat 2 metode pendidikan Islam antara lain 1. Metode keteladanan : patuh kepada orang tua, beriman kepada Allah Swt, sabar, dan menjadi seorang muslim yang baik. 2. Metode nasehat baik : al hikmah, al mauidzah hasanah, dan al jaddal.

References

Abd al- Hayy al- Farmawi, 1977, Al- Bidayah fil al-tafsir al maudhui, cet:2

Arif Ganda Nugroho, 2021, Mewujudkan Kemandirian Melalui Inovasi Dunia Pendidikan,

Jakarta: Insania

Armai Arief, 2002 Pengantar ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam cet 1 ; Jakarta: Ciputat

Press

Armai Arief, 2005 Reformulasi Pendidikan Islam, Jakarta : CRSD Press

Az Zuhaili, Wahbah, 2013. Tafsir al wasith (Al qashash-An-nas) Jilid 3, Jakarta : Gema

Insania

Az Zuhaili, Wahbah, 2013. Tafsir al wasith (Yunus-an-naml) Jilid 2, Jakarta : Gema Insania

Kusmasuti, Adhi dan Ahmad Khoiron, 2019 , Metode Penelitian Kualitatif. Semarang :

Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Shihab, M Quraish, 2002, Tafsir Al misbah: pesan kesan dan keserasian alquran, Volume 10.

Jakarta : Lentara hati

Zakiah Darajat, 1985, Metode Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Direktorat Jendral

Pembinaan Kelembagaan Agama Islam

Downloads

Published

03-06-2023

How to Cite

Saputra, R. (2023). Metode Keteladanan Dan Nasehat Baik: (Q.S. Luqman: 13-19 dan Q.S. An-Nahl: 125). Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 3(1), 9–25. Retrieved from https://ejurnal.stitdaris.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/32

Issue

Section

Artikel