Metode Keteladanan Dan Nasehat Baik
(Q.S. Luqman: 13-19 dan Q.S. An-Nahl: 125)
Keywords:
Metode, Keteladanan, Nasehat BaikAbstract
Metode menjadi komponen penting dalam pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan. Dimasa dewasa ini banyak sekali metode serta pendekatan yang diterapkan dan digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Ketiga ranah yang telah terumuskan menjadi fokusan penting seorang pendidik untuk membentuk jiwa peserta didik. Maka dari itu ha lapa saja yang berasal dari pendidik perlu diperhatikan sebab peserta didik menganggap gurunya sebagai contoh teladan mereka. Sehingga penting bagi pendidik mengetahui metode pendidikan yang baik dan tepat. Adanya latar belakang tersebut, rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apa saja metode pendidikan yang terkandung dalam Q.S. an Nahl 125 dan Q.S. Luqman 13-19 serta bagaimana tafsiran para mufasir mengenai metode tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui metode pendidikan Islam dalam perspektif al Qur'an kajian Q.S. an Nahl 125 dan Q.S. Luqman 13-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pure library research yaitu penelitian dari beberapa sumber terkait, penulis mengkaji kitab-kitab tafsir dengan metode tahlili yaitu menguraikan atau menganalisa, menafsirkan ayat-ayat Quran dengan memaparkan. Langkah-langkah dari metode dan segala aspek yang terkandung di dalam ayat-ayat yang ditafsirkan serta menerangkan makna-makna yang tercakup di dalamnya sesuai dengan keahlian dan kecendrungan mufasir yang menafsirkan ayat-ayat tersebut. Sehingga hasil penlitian ini dapat penulis simpulkan terdapat 2 metode pendidikan Islam antara lain 1. Metode keteladanan : patuh kepada orang tua, beriman kepada Allah Swt, sabar, dan menjadi seorang muslim yang baik. 2. Metode nasehat baik : al hikmah, al mauidzah hasanah, dan al jaddal.
References
Abd al- Hayy al- Farmawi, 1977, Al- Bidayah fil al-tafsir al maudhui, cet:2
Arif Ganda Nugroho, 2021, Mewujudkan Kemandirian Melalui Inovasi Dunia Pendidikan,
Jakarta: Insania
Armai Arief, 2002 Pengantar ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam cet 1 ; Jakarta: Ciputat
Press
Armai Arief, 2005 Reformulasi Pendidikan Islam, Jakarta : CRSD Press
Az Zuhaili, Wahbah, 2013. Tafsir al wasith (Al qashash-An-nas) Jilid 3, Jakarta : Gema
Insania
Az Zuhaili, Wahbah, 2013. Tafsir al wasith (Yunus-an-naml) Jilid 2, Jakarta : Gema Insania
Kusmasuti, Adhi dan Ahmad Khoiron, 2019 , Metode Penelitian Kualitatif. Semarang :
Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Shihab, M Quraish, 2002, Tafsir Al misbah: pesan kesan dan keserasian alquran, Volume 10.
Jakarta : Lentara hati
Zakiah Darajat, 1985, Metode Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Direktorat Jendral
Pembinaan Kelembagaan Agama Islam
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rizki Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Al-Ishlah Jurnal Pendidikan site and its metadata are licensed under CC BY-SA