UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK HADI BANJAR MARGO KABUPATEN TULANG BAWANG LAMPUNG

Authors

  • Tohir Muntoha STIT Darul Ishlah
  • Subiantoro STIT Darul Ishlah
  • Hasannudin STIT Darul Ishlah

Keywords:

guru, mutu, pendnidikan agama islam

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pada masyarakat muslim saat ini khususnya orang tua, ulama, guru dituntut untuk memiliki sikap isyfaq (peduli, khawatir, dan peduli terhadap kondisi dan dunia anak) sebagai generasi penerus. Hal ini bertujuan untuk membawa mereka kepada keyakinan bahwa Allah SWT adalah Tuhan mereka dan Al-Qur'an adalah Firman-Nya sehingga roh Al-Qur'an dapat bersemayam dalam jiwa mereka, cahayanya menyinari pikiran mereka, akal mereka, indra mereka dan mereka. sehingga mereka menerima keyakinan Al-Qur'an sejak kecil dan tumbuh menjadi dewasa atas cinta Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pola dan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan teknik dokumentasi. Untuk analisis data digunakan teknik analisis deskriptif dalam upaya membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, upaya guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam adalah dengan menggunakan kurikulum yang tepat, mempersiapkan pembelajaran sesuai kurikulum, tenaga pengajar yang profesional, menerapkan strategi yang sesuai dengan karakteristik siswa. Faktor yang mempengaruhinya adalah faktor kesiapan guru, faktor pribadi siswa, faktor keluarga, dan faktor lainnya yaitu faktor lingkungan. Manfaat upaya guru dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam memiliki tiga manfaat, yaitu terhadap kepribadian peserta didik, terhadap keluarga, terhadap kehidupan sehari-hari peserta didik.

References

Ali Huseyinli1, Murniati, N. U. (2014). Manajemen Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 4(2), 109–119.

Anwar, K. (2018). Peran sistem penjaminan mutu pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. 1(1), 41–56.

Arif, M. (2013). Manajemen madrasah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan islam. 8(2), 416–438.

Budiyono, A. E. 2021. Penerapan Sistem Among di Sd Al-Qur’an Darul Ishlah Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 134-139.

fieka nurul arifa, ujianto singgih P. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan : Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. 10(1), 1–17.

Fitriyani, N. L. (2021). At-Turots : Jurnal Pendidikan Islam. 3(1), 38–49.

Hakim, L. (2017). Penataan pendidikan islam bermutu. 1(1), 17–27.

Iswanto, A. (2014). PENINGKATAN ( Studi Kasus di SMP X Kab . Semarang ). 1(2).

Jadidah, A. (2021). UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM : 6(1), 65–82.

Nurhidayah. (2021). Penerapan Pembelajaran Outdoor dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama. 9(4), 170–178.

Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto. (2012). Strategi peningkatan mutu pendidikan di sekolah. 5(2), 206–218.

Subhi, I. (2020). No Title.

Subiantoro, S. 2021. Rekonstruksi sistem dan pemikiran pendidik dan tenaga kependidikan dalam pendidikan Islam: Rekonstruksi sistem dan pemikiran pendidik dan tenaga kependidikan dalam pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 6(1), 58-67.

Suprapto. (2006). Jurnal Ekonomi & Pendidikan , Volume 3 Nomor 1, April 2006. 3(April), 34–41.

Suryana, S. (1999). P e r m a s a l a h a n m u t u p e n d i d i k a n d a l a m p e r s p e p e k t i f p e m b a n g u n a n p e n d i d i k a n.

Tri Aspiyana, R. R. (2020). Satya Sastraharing Vol 04 No. 02 Tahun 2020 https://ejournal.iahntp.ac.id/index.php/Satya-Sastraharing. 04(02), 61–71.

Ulva Badi’ Rohmawati, A. M. (2018). Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam. 3, 1–14.

Downloads

Published

03-06-2021

How to Cite

Muntoha, T., Subiantoro, & Hasannudin. (2021). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK HADI BANJAR MARGO KABUPATEN TULANG BAWANG LAMPUNG. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 1(1), 40–48. Retrieved from https://ejurnal.stitdaris.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/3

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)