PENGELOLAAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PEMBAGIAN JOB DESCRIPTION DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NUSANTARA BANJAR AGUNG

Authors

  • Ratna Dewi Setyowati STAI Tulang Bawang Lampung

Keywords:

pengelolaan, tenaga kependidikan, job description

Abstract

Tenaga kependidikan merupakan salah satu faktor penting dalam keseluruhan perangkat penggerak pendidikan. Masalah dalam penelitian ini (1) bagaimana pengelolaan tenaga kependidikan dalam pembagian job description di SMK Nusantara Banjar Agung?dan (2) bagaimana pembagian tugas tenaga kependidikan di  SMK Nusantara Banjar Agung?Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  bagaimana pengelolaan tenaga kependidikan dalam pembagian job description di SMK Nusantara Banjar Agung, dan  bagaimana pembagian tugas tenaga kependidikan di  SMK Nusantara Banjar Agung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengelolaan tenaga kependidikan dalam pembagian job deskription di SMK Nusantara Banjar Agung, secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik, adapun pelaksanaannya meliputi perencanaan, pembinaan dan pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan. (2) pembagian tugas tenaga kependidikan dilakukan dengan mengidentifikasi pekerjaan pegawai, pertangungjawaban hasil pekerjaan, dan spesifikasi pekerjaan.  Berdasarkan Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan tenaga kependidikan sudah baik, namun disarankan dalam perencanaan tidak hanya menentukan pembagian tugas pegawai tetapi juga perlu melihat rasio kebutuhan pegawai berdasarkan jumlah siswa.

References

Ahmad Nizar Rangkuti. 2015. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media

Al-qur’an dan Terjemahnya Dilengkapi Tajwid Warna. 2014 Jakarta. Diterjemahkan oleh Sahira

Ambar Teguh, Rosidah. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep, Teori dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik. Yogyakarta : Graha Ilmu

E. Mulyasa. 2012. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung :Remaja Rosdakarya

Garry Dessler. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. DKI : Indeks

Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE

Hidayati. 2014. Manajemen Pendidikan, Standar Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Mutu Pendidikan. Jurnal Vol 21, No 1.

M. Ngalim Poerwanto. 2017. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Marihot Tua Efendi Hariandja. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian dan Peningkatan Produktifitas Karyawan, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rusan, Rosadi. 2008. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

R. Wayne Mondy.2008. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 10. New Jersey : Erlangga

Subiantoro. 2021 Rekonstruksi sistem dan pemikiran pendidik dan tenaga kependidikan dalam pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial-(p-ISSN: 2460-6375) (e-ISSN: 2685-256X).

Sondang P. Siagian. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara

Sri Minarti. 2016. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta

Umy Fitrianti. 2015. Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah Di SMA Negeri 1 Kasihan Dan SMA Muhammadiyah 1 Bantul Kabupaten Bantul. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

Published

20-12-2021

How to Cite

Setyowati, R. D. (2021). PENGELOLAAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PEMBAGIAN JOB DESCRIPTION DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NUSANTARA BANJAR AGUNG. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 1(2), 35–43. Retrieved from https://ejurnal.stitdaris.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/13